kembang api

kembang api

Recent comments

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Jembatan Suramadu



Ini adalah salah satu tempat yang terdapat di madura dan jawa timur  yaitu Jembatan Suramadu. Jembatan Suramadu adalah jembatan yang melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) danPulau Madura di Bangkalan,tepatnya timur Kamal, Indonesia. Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagianya itu jalan layang , jembatan penghubung, dan jembatan utama. Jembatan ini diresmikan awal pembangunannya oleh Presiden Megawati Soekarno putri pada 20 Agustus 2003 

 Dan diresmikan pembukaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009. Pembangunan jembatan ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura, meliputi bidang infrastruktur dan ekonomi di Madura, yang relative tertinggal dibandingkan kawasan lain di JawaTimur. Perkiraan biaya pembangunan jembatan ini adalah 4,5 triliun rupiah. Pembuatan jembatan ini dilakukan dari tiga sisi, baik sisi Bangkalan maupun sisi Surabaya. Sementara itu, secara bersamaan juga dilakukan pembangunan bentang tengah yang terdiri dari jembatan penghubung dan jembatan utama.
 
Jembatan Suramadu pada dasarnya merupakan gabungan dari tiga jenis jembatan dengan panjang keseluruhan sepanjang 5.438 meter dengan lebar kurang lebih 30 meter. Jembatan ini menyediakan empat lajur dua arah selebar 3,5 meter dengan dua lajur darurat selebar 2,75 meter. Jembatan ini juga menyediakan lajur khusus bagi pengendara sepeda motor di setiap sisi luar jembatan. jika ingin mewati jembatan tersebut harus membayar uang sebesar Rp 3.000 itu bagi pengendara bermotor dan untuk kendaraan pribadi biasanya membayar sebesar Rp 30.000.
 
Yang pertama yaitu Jalan laying dibangun untuk menghubungkan konstruksi jembatan dengan jalan darat melalui perairan dangkal di kedua sisi. Jalan layang ini terdiri dari 36 bentang sepanjang 1.458 meter padasisi Surabaya dan 45 bentang sepanjang 1.818 meter padasisi Madura. Jalan laying ini menggunakan konstruksi penyangga PCI dengan panjang 40 meter tiap bentang yang di sangga pondasi pipa baja berdiameter 60 cm.

Yang kedua yaitu Jembatan penghubung menghubungkan jembatan utama dengan jalan layang. Jembatan terdiri dari dua bagian dengan panjang masing-masing 672 meter. Jembatan ini menggunakan konstruksi penyangga beton kotak sepanjang 80 meter tiap bentang dengan 7 bentang tiap sisi yang di topang pondasi penopang berdiameter 180 cm. Sedangkan Jembatan utama terdiri dari tiga bagianya itu dua bentang samping sepanjang 192 meter dan satu bentang utama sepanjang 434 meter. Jembatan utama menggunakan konstruksi yang ditopang oleh menara kembar setinggi 140 meter. Lantai jembatan menggunakan konstruksi komposit setebal 2,4 meter. Untuk mengakomodasi pelayaran kapal laut  yang melintasi Selat Madura, jembatan ini memberikan ruang bebas setinggi 35 meter dari permukaanlaut. Pada bagian inilah yang menyebabkan pembangunannya menjadi sulit dan terhambat, dan juga menyebabkan biaya pembangunannya membengkak.

Itulah Jembatan Suramadu dan pada saat ini banyak manfaatnya bagi masyarakat madura dan surabaya. Misalnya di gunakan untuk bertrasportasi dengan cepat dan mudah, pengangkutan sumber daya alam (cabe, buah-buahan,sayur-sayuran dan masih banyak lagi ) dari surabaya ke madura atau sebaliknya dengan mudah dan biaya masuk ke jembatan suramadu murah. Tidak perlu sampai menjual rumah kalian kan..murah kan..



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar